Cara penafsiran berat badan pada kambing dan domba

Penyakit yang sering muncul Penyakit yang sering mucul pada ternak yaitu kembung, cacingan, scabies, mencret, dan beleken. Pneumonia yang disebabkan oleh virus pada hewan biasanya bersifat akut. Scabies sering mewabah pada kambing akibat cekaman misalnya.

Karkas adalah potongan daging tulang tanpa kepala, kaki, kulit dan jeroan. Diukur dengan mistar ukur dari titik tertinggi gumba sampai titik terendah dada.

Cara Mempercepat Birahi Kambing dan Domba Betina

Fakultas Peternakan UGM. Sedangkan protein sangat sedikit dibutuhkan pada Kambing dan Domba yang sedang masa kering. Aturan pakai 2 tetes hari sekali. Belerang dihaluskan, dicampur kunyit dan minyak kelapa, kemudian dipanaskan dan digosokkan pada kulit yang sakit.

Taksiran dengan Metode Gigi Penafsiran umur dengan melihat perkembangan dan pergantian gigi seri serta terasahnya gigi seri permanen. Bagian kulit yang menderita kalau ditekan terasa sakit, hal ini menyebabkan menurunnya nafsu makan.

Penambahan konsentrat pada kambing dan domba bertujuan untuk meningkatkan nilai pakan dan menambah energi. Myasis Myasis atau belatungan adalah infeksi larva kedalam jaringan tubuh hewan hidup.

Pengobatan terhadap penyakit ini bisa mengunakan Wormectin atau Ivomec. Dengan cara ini semua timbunan gas dalam perut akan keluar.

Jenis-jenis Kambing dan Domba

Gigitan caplak cuga bisa menyebabkan myasis jika tidak segera ditangani. Standar utama untuk kandang bagi kambing etawa adalah kebutuhan akan sinar matahari yang cukup, bersih, sedikit jauh dari rumah, dan hawa angin dapat keluar masuk dari ventilasi. Manfaat formula yang telah tercampur dalam BeeNa Comfed adalah untuk 1 mempercepat adaptasi ternak menggunakan pakan complete feed, 2 merangsang nafsu makan ternak dan meningkatkan efisiensi pencernaan, 3 meningkatkan kesehatan ternak dan 4 mengurangi bau kotoran ternak.

Pengaruh pencemaran, penyakit dan musim panas menyebabkan cincin tanduk kelihatan dangkal dan tidak terang. Patogenesis Masa inkubasi dari penyakit ini berlangsung selama hari.

Pengobatan hanya ditujukan untuk mencegah infeksi sekunder dengan memberikan salep antibiotika seperti eritromisin dan oksitetrasiklin. Untuk mencari volume tabung harus diketahui luas alas dan tinggi.

Harus kita sesuaikan dengan kebutuhan gizi kambing pada usia tertentu. Konsentrat dari hewan biasanya dengan kandungan protein kualitas tinggi.

Untuk domba persentase karkasnya sekitar 45 persen dan dagingnya 75 persen dari karkas. Agen penyebab penyakit ini bacillus anthracis.

Ibu Rumah Tangga Ternak 75 Ekor Kambing HCS Tanpa Ngarit, Tanpa Angon

Sejak minggu ke-2 dan minggu selanjutnya sampai masa penggemukkan berakhir, waktu dan jumlah pemberian pakannya sama per hari 1 kg. Pengobatan - Penanganan skabies paling efektif pada kasus yang berat adalah dengan penyuntikan ivomex dibawah kulit subcutan - Cukur bulu sekitar daerah terserang, mandikan ternak dengan sabun sampai bersih, kemudian jemur sampai kering.

Pemberian konsentrat ini dilakukan sekali setiap hari pada pagi sebelum diberi rumput. Pakan tambahan cukup diberikan 0,5 sampai 1 kg per hari b. Kendala bagi peternak pemula dengan modal dengkul adalah mendapatkan dedak dengan kualitas baik dan harga bersaing.

Menurut Widiusaha pemeliharaan ternak potong yang paling utama dihasilkan adalah kotoran ternak manuredisusul urine, sisa pakan, serta alas bedding. Dan Sore 0,5kg, air minum los, bisa juga tambah rumput disiang harinya begitu seterusnya sampai panen.

Diantaranya adalah efisensi biaya pakan dan perawatan. Namun menurut pengalaman beberapa peternak, membuat pakan ternak yang sebagian besar bahan bakunya berasal dari residu pertanian itu ternyata tidaklah mudah. Perawatan kandang meliputi pebersihan lantai, tempat makan dan minum. Kambing tidak ada yang terdeteksi birahi.

Pada kondisi yang parah bisa menyebabkan kematian yang mendadak. Langkah pertama lihat tabel kebutuhan, ternyata Kambing dan Domba tersebut membutuhkan: Williamson, G and W.Bisa jadi faktor genetik, faktor kualitas gizi dari pakan yang diberikan atau bisa jadi karena gangguan oleh penyakit tertentu yang menyebabkan kambing/domba terlambat birahi, lingkungan, temperatur lingkungan, berat badan (BB), dan pertambahan BB sebelum dan sesudah penyapihan.

Cara lain yang dapat dilakukan adalah dengan menggunakan DWT (Daily Cow Weighting Tape) yaitu dengan melingkarkan DWT pada sternum dan angka yang ditunjuk pada pita ukur itu menunjukkan berat badan ternak. Cara penafsiran yang merupakan cara untuk mengetahui berat badan ternak adalah penimbangan.

Penimbangan dilakukan dengan menggunakan timbangan ternak / neraca. Cara penafsiran yang merupakan cara untuk mengetahui berat badan ternak adalah penimbangan. Penimbangan dilakukan dengan menggunakan timbangan ternak / neraca. Besar atau kecil, stationer atau portabel, timbangan merupakan bagian yang sangat diperlukan dalam tehnik-tehnik pengukuran, (Blakely and Bade, ).

13 Cara Ternak Kambing Jawa Tanpa Ngarit

Domba Texel tergolong ternak unggulan yang berpotensi sebagai penghasil daging. Bobot badan dewasa jantan dapat mencapai kg dan yang betina 80 kg dengan karkas sekitar 55 %. Pada tahap awal penggemukan atau penyesuaian, yaitu sejak domba /kambing masuk kandang setiap ekor domba/kambing per harinya diberi konsentrat 0,5 – 1kg comfed, dan ditambah hijaun secukupnya.

Untuk domba jantan dewasa berkisar antara kg dan domba betina kg, serta tinggi badan domba jantan dapat mencapai 75 cm dan tinggi domba betina 60 cm. Domba Batur ini memang istimewa montok/gemuk, pada umur dua tahun domba jantan umumnya sudah bisa mencapai bobot kg dan betina 80 kg.

Cara penafsiran berat badan pada kambing dan domba
Rated 4/5 based on 68 review