Hubungan obesitas dan aktivitas fisik dengan diabetes mellitus

Dengan demikian insulin menjadi tidak efektif untuk menstimulasi pengambilan glukosa oleh jaringan. Dari keempat faktor tersebut, dukungan sosial keluarga merupakan salah satu faktor yang tidak dapat diabaikan begitu saja, karena dukungan sosial keluarga merupakan salah satu dari faktor yang memiliki kontribusi yang cukup berarti dan sebagai faktor penguat yang mempengaruhi kepatuhan pasien Diabetes Mellitus.

Penyebabnya adalah obat — obatan hipoglikemia oral golongan sulfoniluria, khususnya Glibenklamid Hipoglikemia juga bisa terjadi karena makan kurang dari aturan yang ditentukan.

Bagi pasien yang mendapatkan terapi insulin intensif, penentuan jam makan dan banyaknya makanan mungkin lebih fleksibel dengan cara mengatur perubahan kebiasaan makan serta latihan. Untuk mencegah itu semua, rajinlah berolahraga dan ubahlah gaya hidup serta pola makan anda. Gejala ini ringan berupa gelisah sampai berat berupa koma dan kejang.

Biguanid tidak memberikan efek pada sel-sel beta pankreas. Jadi Diabetes Mellitus merupakan gangguan hormonal yang menimbulkan berbagai kelainan metabolik akibat dari gangguan hormonal yang ditandai dengan kenaikan kadar glukosa dalam darah dan menimbulkan komplikasi kronik.

International Journal of Endocrinology. Fauziah Bireuen.

Hubungan Obesitas Dengan Diabetes Mellitus Tipe II

Latihan juga akan mengubah kadar lemak darah yaitu meningkatkan kadar HDL-kolesterol dan menurunkan kadar kolesterol total dan trigliserida. Adanya gagal ginjal yang dibuktikan dengan kenaikan kadar kreatinin atau ureum serum ditemukan berkisar 2 — 7.

Glukosa yang berasal dari makanan tidak dapat disimpan dalam hati meskipun tetap berada dalam darah dan menimbulkan hiperglikemia postprandial sesudah makan. Penelitian menunjukkan adanya hubungan antara kadar glukosa darah puasa dengan kadar insulin puasa.

Semua efek ini sangat bermanfaat pada diabetes karena dapat menurunkan berat badan, mengurangi rasa stress dan mempertahankan kesegaran tubuh. Responden No. Fauziah by the number of subjects 37 patients with diabetes and 48 nondiabetic patients. Untuk kelangsungan hidup, sumber tenaga terpaksa diambil dari cadangan lain yaitu sel lemak dan otot.

Keberadaan dukungan sosial yang adekuat terbukti berhubungan dengan menurunnya mortalitas, lebih mudah sembuh dari sakit, fungsi kognitif, fisik dan kesehatan emosi.

KEBIASAAN AKTIVITAS FISIK PASIEN DIABETES MELLITUS

Hal ini mungkin terjadi karena pada penderita diabetes tipe II insulin yang dihasilkan oleh pankreasnya tidak bekerja normal, komplikasi-komplikasi obesitas menyebabkan insulin-insulin tersebut tidak dapat membantu sel tubuh dalam menyerap glukosa.hubungan pola konsumsi energi, status obesitas dan aktivitas fisik dengan kejadian diabetes mellitus tipe ii di wilayah kerja puskesmas (lokasi) tahun Iklan Share this.

hubungan aktivitas fisik dengan kadar gula darah pada pasien diabetes melitus tipe 2 di rumah sakit umum daerah karanganyar naskah publikasi untuk memenuhi sebagian.

Berdasarkan analisis bivariat dengan uji chi-square didapatkan 40 pasien diabetes melitus (71,42%) mempunyai kadar glukosa darah sewaktu terkontrol melakukan kebiasaan aktivitas fisik sesuai anjuran dan 12 pasien diabetes melitus (57,14%) mempunyai kadar glukosa darah sewaktu tidak terkontrol melakukan kebiasaan aktivitas tidak sesuai lawsonforstatesenate.com: Septa Setyawan, Sono Sono.

HUBUNGAN DIABETES MELLITUS DENGAN OBESITAS BERDASARKAN INDEKS MASSA TUBUH DAN LINGKAR PINGGANG DATA RISKESDAS Farida Soetiarto, Roselinda, Suhardi Pusat Penelitian dan Pengembangan Biomedis & Farmasi, Jakarta. Sementara penyakit lain dapat diobati dengan mengonsumsi obat, diabetes butuh kewaspadaaan dan perhatian terus – menerus dalam hal penentuan waktu dan kalori dalam makanan, serta aktivitas fisik, pemantauan gula darah, jadwal penyuntikan insulin, sampai perawatan diri dan kaki.

(Ulfah N, ).Author: Aangcoy Diabetes merupakan kelainan metabolisme yang disebabkan oleh berbagai faktor dengan gejala berupa hiperglikemia atau peningkatan kadar glukosa darah kronis dan gangguan metabolisme pada karbohidrat, lemak dan protein.

Hiperglikemia disebabkan oleh adanya defisiensi sekresi hormon insulin, aktivitas insulin maupun keduanya, defisiensi tnrasporter pengangkut glukosa, atau keduanya.

Hubungan obesitas dan aktivitas fisik dengan diabetes mellitus
Rated 3/5 based on 21 review