Tujuan melakukan senam aerobik

Mungkin ada bertanya-tanya kenapa pemanasan harus dilakukan? Gerakan dengan melangkah dua langkah ke kanan atau ke kiri dengan gerakan terakhir merapatkan kaki dengan menyentuhkan bola kaki, posisi lutut menghadap ke depan, lutu kaki tumpu agak ditekuk. Gerakan menekuk kaki ke arah belakang.

Tangan tarik tonjok 2x8 Fungsi: Menurut cara melakukan dan musik yang mengiringinya, senam aerobik dapat dibagi sebagai berikut: Melakukan gerak zig-zag dan teprok-teprok. Senam aerobik ini merupakan olahraga yang ampuh untuk menjaga kesehatan jantung dan fungsi jantung, karena gerakannya yang mudah untuk dilakukan sehingga banyak orang yang suka dengan senam ini.

Tidak heran bila senam aerobik digemari oleh semua kalangan usia, apalagi jenis senam aerobik juga bermacam-macam mulai dari keras sampai yang ringan.

Urutan Latihan Senam Aerobic

Cara kerja: Kram ini terjadi karena otot kita yang semula dingin tiba — tiba kita melakukan olah raga yang berat maka anda akan mengalami kram.

Kenneth Cooper adalah kegiatan gerak badan yang memaksa tubuh memperbaiki sistemnya dan menuntut lebih banyak oksigen guna memperpanjang waktu. Leg Curl. Pundak maju mundur 2x8 Fungsi: Manfaat Senam Aerobik bagi Kesehatan Banyak sekali manfaat senam aerobik diantaranya meningkatkan kesehatan dan kebugaran tubuh.

Teprok bawah kaki 2x8 Fungsi: Rasanya kurang tepat. Peregangan dapat dilakukan sambil berdiri maupun duduk, dan berbagai benda dapat digunakan sebagai alat bantu latihan, misalnya tembok, kursi, lemari, dan sebagainya.

Mengurangi ketegangan. Pelaksanaan gerakan di lakukan secara bertahap dari intensitas tinggi ke intensitas yang rendah. Gerakan inti bertujuan untuk menguatkan otot-otot tubuh dan melatih koordinasi gerak antar anggota tubuh. Mengurangi dampak cedera.

Tekuk tangan kanan dan kiri buka ke samping sejajar dengan bahu, lalu rentangkan tangan dan teprok. Pada awalnya senam aerobik dikenal sebagai kegiatan kebugaran dan rekreasi. Dynamic stretching 5. Panduan Melakukan Gerakan Senam Aerobik Dalam melakukan latihan senam aerobik ini anda peru mengetahui juga gerakan — gerakan yang perlu di lakukan tujuan melakukan senam aerobik awal hingga sudah mencapai gerakan advance.

Meningkatkan kapasitas kerja fisik seseorang. Bab I Pendahuluan 1. Berikut ini adalah ulasan fungsi dari senam aerobik itu sendiri: Mendorong dan memompa ke depan, ke atas, dan ke samping 4. Berikut beberapa jenis gerakan inti senam aerobik: Contoh latihan kelincahan antara lain: Ow yah.

Berikut ini adalah rumus untuk mencari denyut nadi maksimal seseorang DNM: Gerakan tangan meninju, ke depan, ke samping, ke atas, ke bawah, dan menyilang 5. Untuk melatih pinggang agar lentur dan melatih otot punggung agar bisa bekerjasama untuk memutar badan.

Anda hanya perlu melakukannya dengan waktu sekitar selama menit Bisa anda lihat: Berikut ini adalah tahapan melakukan senam aerobik di rumah. Untuk mencegah timbulnya cedera, diperlukan pemanasan warming-up yang sangat optimal. Maksudnya adalah latihan tubuh baik memakai alat maupun tanpa alat untuk meningkatkan keindahan tubuh.

Meningkatkan sikap positif pada Anda dan mengubah persepsi Anda dalam melihat terhadap kehidupan. Aerobic Fun Club. Daripada menyesal kemudian karena tidak memanaskan diri, maka lakukanlah pemanasan walaupun hanya sebentar saja.

Lakukan juga peregangan untuk membantu mengembalikan otot pada kondisi normal, kurang lebih menit saja. Pemilihan gerakan pendinginan ini harus merupakan gerakan penurunan dari tingkatan tinggi ke gerakan tingkatan rendah.

Meningkatkan kerja jantung sehingga dapat mempersiapkan bekerjanya sistemcardiovascular. · Untuk dapat melakukan senam aerobic dengan baik dan benar di pelukan seorang pemandu atau instruktur sehingga dengan bimbingan instruktur kita dapat lebih cepat menguasai gerakan gerakan dan. Tujuan Pendidikan Jasmani.

Pendidikan jasmani memiliki tujuan yang berbeda dengan pelatihan jasmani seperti halnya dalam olahraga prestasi. Pendidikan jasmani diarahkan pada tujuan secara keseluruhan (multilateral) seperti halnya tujuan pendidikan secara umum. Hanya saja, bedanya tujuan gerakan senam aerobik lebih ke kesehatan dan bukan pada tujuan keindahan ataupun seni seperti kegiatan menari.

Tujuan dari senam aerobik adalah untuk kebugaran, kesehatan, pembentukantubuh dan meningkatkan denyut jantung serta paru-paru untuk memperlancarperedaran darah. · Demikianlah penjelasan mengenai pengertian aerobik, sejarah senam aerobik, manfaat senam aerobik dan tahapan senam aerobik.

semoga uraian diatas cukup jelas dan bisa membantu anda yang ingin melakukan senam aerobik agar tubuh sehat dan bugar/5. 3 Fase Urutan Latihan Senam Aerobic 1. Pemanasan (Warming Up) Dalam fase ini dapat menggunakan pola warming up yang didahului oleh kegiatan stretching / penguluran otot –otot tubuh dan dilanjutkan dengan gerakan dinamis pemanasan.

Pengertian Aerobik, Sejarah dan Manfaat serta Tahapan Senam Aerobik

Pola yang kedua yaitu kebalikan dari pola pertama dimana seseorang melakukan pemanasan dinamis dulu. · Senam aerobik merupakan senam yang murah meriah atau bahkan bisa gratis. Senam aerobik dapat menyehatkan tubuh, dan menghibur diri kita.

Tujuan Pendidikan Jasmani

Selain itu olahraga ini dapat dimainkan/dilakukan hampir oleh siapa saja.

Tujuan melakukan senam aerobik
Rated 3/5 based on 72 review